Peramalan Penjualan dengan Metode Exponential Smoothing (Studi Kasus : Penjualan Bakso Kemasaan/Kiloan Rumah Bakso Bang Ipul)

Ihsan, Hisyam (2018) Peramalan Penjualan dengan Metode Exponential Smoothing (Studi Kasus : Penjualan Bakso Kemasaan/Kiloan Rumah Bakso Bang Ipul). Diploma thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peramalan penjualan memungkinkan sebuah perusahan memilih kebijakan yang optimal untuk membuat keputusan yang sesuai dan mempertahankan efisiensi dari kegiatan operasional. Rumah Bakso Bang Ipul adalah salah satu usaha yang melakukan penjualan yakni penjualan bakso kemasaan/kiloan. Oleh sebab itu,. Rumah Bakso Bang Ipul sangat memerlukan peramalan penjualan untuk meningkatkan keuntungan dan menghindari terjadinya kelebihan atau kekurangan persedian bakso kemasaan/kiloan. Penelitian ini dilakukan peramalan dengan metode exponential smoothing. Adapun parameter atau a yang digunakan dalam meramalkan penjualan adalah a = 0.1,0.2,0.3,0.4,0.5,0.6,0.7,0.8, dan 0.9. Singel exponential smoothing melakukan perbandingan dalam menentukan nilai a, dengan mencari nilai a tersebut secara trial and error sampai menemukan a yang memiliki error minimum dengan pencarian menggunakan metode mean absolute error (MAE) dan metode Mean Squaered error (MSE). Sehingga dipilih a = 0.1 dengan nilai MAE = 6.23 dan nilai MSE = 58.32. berdasarkan hasil ini, dengan menggunakan metode singel exponential smoothing dan a =0.1 diperoleh hasil peramalan penjualan bakso bang ipul pada bulan juni 2018 sebanyak 48 kilogram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:28
Last Modified: 10 Aug 2018 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10098

Actions (login required)

View Item View Item