Pengaruh Kemampuan Mengingat dan Memahami terhadap Kemampuan Mengaplikasikan Matematika Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Kanang

RAMADAN K, RAMADAN K (2017) Pengaruh Kemampuan Mengingat dan Memahami terhadap Kemampuan Mengaplikasikan Matematika Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Kanang. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
ramadan k.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan mengingat, memahami, dan mengaplikasikan matematika peserta didik kelas VII MTs DDI Kanang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan mengingat dan memahami terhadap kemampuan mengaplikasikan matematika peserta didik kelas VII MTs DDI Kanang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs DDI Kanang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 227 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan memilih secara acak dua kelas dengan teknik cluster random sampling dari tujuh kelas VII. Sampel berjumlah 60 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu tes kemampuan mengingat, memahami, dan mengaplikasikan matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan mengingat, memahami, dan mengaplikasikan matematika peserta didik kelas VII MTs DDI Kanang memiliki nilai rerata masing-masing 77,58; 70,25; dan 66,72. Masing-masing kemampuan tersebut berada pada kategori cukup dengan simpangan baku masing-masing 6,919; 9,066; dan 10,266. 2) Secara parsial dengan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:48
Last Modified: 30 Apr 2018 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8192

Actions (login required)

View Item View Item