Akuntabilitas Tata Kelola Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Boalemo

RACHMAN, ELLYS (2018) Akuntabilitas Tata Kelola Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Boalemo. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB 1 READY SEPT17.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan dimensi akuntabilitas mutu akademik, akuntabilitas pengelolaan keuangan dan akuntabilitas SDM di lihat dari empat perspektif akuntabilitas regular, akuntabilitas manajerial, akuntabilitas program dan akuntabilitas program di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Boalemo Provinsi Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari informan sebanyak 15 orang informan. Hasil Penelitian menemukan bahwa (1) akuntabilitas tata kelola mutu akademik dilihat dari empat dimensi akuntabilitas reguler, manajerial, program dan proses maka akuntabilitas tata kelola mutu akademik STIM Boalemo hasilnya kurang akuntabel. (2) akuntabilitas tata kelola keuangan dilihat dari empat dimensi akuntabilitas reguler, manajerial, program dan proses maka akuntabilitas tata kelola keuangan STIM Boalemo hasilnya kurang akuntabel. (3) akuntabilitas tata kelola pengelolaan SDM dilihat dari empat dimensi akuntabilitas reguler, manajerial, program dan proses maka yang akuntabilitas tata kelola dosen dan tenaga kependidikan STIM Boalemo hasilnya akuntabel. Untuk mewujudkan akuntabilitas STIM Boalemo maka dibutuhkan beberapa langkah sebagai berikut: (1) Dalam rangka mewujudkan tata kelola mutu akademik yang akuntabel, dibutuhkan kejelasan regulasi lebih teknis yang mengatur proses akademik, perlu meninjau kembali waktu revisi kurikulum yang terdapat di STATUTA dan melaksanakan peninjauan kurikulum berdasarkan kebutuhan stakeholder dan mengarah pada kurikulum berbasis KKNI, perlu lebih meningkatkann komitmen dan keterlibatan dosen maupun stakeholder dalam meningkatkan mutu pembelajaran. (2) Dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang akuntabel, perlu meninjau kembali waktu proses verifikasi anggaran yang dilakukan oleh yayasan, melibatkan pengelola dalam pengambilan keputusan tdalam penetapan anggaran dan perlu mengfungsikan kembali peran senat perguruan tinggi sebagai dewan pertimbangan dalam mempertimbangkan anggaran perguruan tinggi, dibutuhkan kecepatan penyelenggara dalam pengambilan keputusan akan anggaran yang ditetapkan serta dibutuhkan audit eksternal untuk pengelolaan keuangan (3) Untuk lebih memperkuat tata kelola dosen dan tenaga kependidikan yang akuntabel perlu meningkatkan peran partisipatif serta sinergitas komitmen pengelola, dosen dan tenaga kependidikan dalam menjalankan aturan kontrak kinerja untuk mendorong peningkatan kualitas SDM secara berkelanjutan. Kata Kunci : Akuntabilitas, Tata Kelola.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:00
Last Modified: 13 Apr 2018 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7452

Actions (login required)

View Item View Item