Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Bulukumba

Yusnia, Yusnia (2014) Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Bulukumba. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Yusnia.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Yusnia, 2014. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Bulukumba. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Bulukumba. Unit eksperimen dipilih sebanyak dua kelas dari delapan kelas VIII SMP Negeri 32 Bulukumba tahun ajaran 2013/2014 semester genap secara cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi keterlaksanaan untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif yaitu: (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran discovery learning berbasis multimedia interaktif sebesar 83,53, berada dalam kategori tinggi, dengan standar deviasi 6,53, nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 98,6 dari skor ideal 100; (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran discovery learning tanpa menggunakan multimedia interaktif sebesar 80,18, berada dalam kategori tinggi, dengan standar deviasi 4,83, nilai terendah adalah 68,4 dan nilai tertinggi adalah 89,9 dari skor ideal 100; (3) Hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran discovery learning berbasis multimedia interaktif 86,21% mencapai ketuntasan individu; (4) Hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran discovery learning tanpa menggunakan multimedia interaktif 75,86% mencapai ketuntasan individu. Hasil analisis inferensial untuk variabel skor hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai p-value <

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:46
Last Modified: 29 Apr 2016 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item