Rauf, Nurul Maqfirah (2017) Efektivitas Pemberian Tugas Terstruktur Menggunakan E-Learning dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bajeng. Diploma thesis, FMIPA.
Text
skripsi indonesia.docx Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperiment yang melibatkan satu kelas eksperimen yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bajeng. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Bajeng pada semester genap 2016/2017 dan dipilih 1 kelas secara random sebagai kelas eksperimen penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Skor rata-rata hasil belajar siswa setelah diajar dengan pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning secara deskriptif adalah 76.02, (2) Ketuntasan siswa secara klasikal adalah 62.22%, (3) Peningkatan hasil belajar matematika siswa secara deskriptif adalah 0.7424, (4) Skor rata-rata hasil belajar untuk posttest berdasarkan analisis inferensial uji-t satu-sampel kurang dari 75, (5) Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa signifikan lebih dari 0.30 setelah diajar dengan menggunakan pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning, (6) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning di kelas adalah 79.74%, (7) Aktivitas siswa dalam menggunakan e-learning di luar kelas adalah 78.75%, (8) Skor persentase respon positif siswa setelah pembelajaran dengan pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning adalah 78.75%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 05 Apr 2018 05:58 |
Last Modified: | 05 Apr 2018 05:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6877 |
Actions (login required)
View Item |