Wiladah B, Rayinda Khaerul (2017) Perbedaan Penggunaan Model Treffinger dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kreativitas dan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 14 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.
|
Text
PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL TREFFINGER DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP REATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 14 MAKASSAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujan untuk mencari perbedaan penggunaan model Treffinger dan model pembelajaran langsung terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 14 Makassar tahun pelajaran 2015/2016 dan dipilih secara simple random sampling 2 kelas sebagai kelas eksperimen penelitian, yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Data dikumpulkan melalui pengisian angket kreativitas belajar matematika dan tes hasil belajar. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa, kreativitas matematika siswa kelas XI SMA Negeri 14 baik yang diajar menggunakan model Treffinger maupun model pembelajaran langsung termasuk dalam kategori sedang. Pada analisis deskriptif juga menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Treffinger berada pada kategori tinggi dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung berada pada kategori cenderung rendah. Sejalan dengan data analisis deskriptif, hasil statistika inferensial menunjukkan tidak terdapat perbedaan penggunaan model terhadap kreativitas matematika siswa tetapi penggunaan model tersebut terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 07:06 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 07:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6122 |
Actions (login required)
View Item |