Mustakim, Awaliyah (2017) Pengaruh Iklim Keluarga, Kebiasaan Belajar, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bungoro. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
PENDAHULUAN DAN KESIMPULAN.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto yang merupakan penelitian untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bungoro Tahun Ajaran 2016/2017 dengan sampel yaitu kelas XI IPA 2, XI IPA 4, XI IPS 1 dan XI IPS 3. Sample ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan empat jenis instrumen yaitu tes prestasi belajar matematika siswa, kuesioner iklim keluarga, kuesioner kebiasaan belajar, kuesioner kecerdasan emosional. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik yaitu statistik deskriptif dan analsis regresi berganda. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dikategorikan rendah, sedangkan iklim keluarga, kebiasaan belajar, dan kecerdasan emosional siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bungoro dikategorikan sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklim keluarga, kebiasaan belajar, dan kecerdasan emsional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bungoro, (2) iklim keluarga, kebiasaan belajar, dan kecerdasan emsional secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri Bungoro. Kata Kunci: Iklim Keluarga, Kebiasaan Belajar, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 07:49 |
Last Modified: | 26 Mar 2018 07:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6048 |
Actions (login required)
View Item |