Bahar, Muhammad Amin (2017) Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Group Investigation (GI) dalamPembelajaranSistemPersamaan Linear DuaVariabel (SPLDV) di SMP Negeri 31 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
(12) BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
(16) BAB V.docx Download (24kB) |
Abstract
Pemilihan model yang tepatdalampembelajaranakanmenjadikanpembelajaranmenjadimenarikdanmembuatsiswaaktifsehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswamenjadimeningkatdanmengakibatkantujuanpembelajarantercapai.Olehkarenaitu, sebagaisalahsatuupaya guru untukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswaadalahdenganpemilihan model pembelajaran yang tepat.Padapenelitianinimenggunakan Model PembelajaranKooperatifTipe Group Investigation (GI).Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifan model pembelajarankooperatiftipe group investigationdanbagaimanagambaran proses investigasipemecahanmasalahsiswa di kelas VIIID SMP Negeri 31 Makassar dalampembelajarankooperatiftipe group investigation (GI).Jenispenelitianyang digunakanadalahpenelitianeksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VIII SMP Negeri 31 Makassar dan sample yaknikelas VIIID sebagaikelaseksperimenyang dipilihmenggunakantekniksimple random sampling. Data yang dikumpulkanterdiridari data aktivitassiswadalampembelajaran, data hasilbelajarsiswa, dan data responssiswaterhadappembelajaran.Data dianalisismenggunakananalisisdeskriptifdananalisisinferensial. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran, lembarobservasiaktivitassiswa, teshasilbelajaruntukmengukurkemampuankognitifmatematikasiswa,danangketresponssiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitassiswadalampembelajaranberadapadakategorisangatbaikdenganskor rata-rata 3,62. Hasilbelajarmatematikasiswaberadapadakategoritinggidengan mean 82,37 danstandardeviasi 11,59 tingkatketuntasansecaraklasikalsebesarsebesar 82%, rata-rata gain ternormalisasihasilbelajarberadapadakategoritinggisertaresponssiswaterhadappenerapan model pembelajarankooperatiftipe group investigation beradapadakategoripositifdenganskor rata-rata 3,63. Adapunsubjekwawancaradalampenelitianiniada 3 siswa yang penelitipilihdimanamasingmasingsiswaada yang berkemampuanmatematikatinggi, sedangdanrendah.Siswaberkemampuanmatematikatinggi, dalam proses investigasidalampembelajaranmelakukanaktivitassesuaidengan grouping, berperanaktifdalammerencanakanpembagiantugas, pahammengenai proses investigasihaliniterlihatdariaktivitasnyadalamkelompok yang salingbertukarinformasi, menuliskanlaporanhasildiskusipadalembar yang telahdisediakandanmempersiapkananggotakelompoknyadalampesentasi, sangataktifdalampresentasidikelas, dan melakukan koreksiterhadapdiskusidanmenyimpulkanhasilpembelajaran. Sementarasiswaberkemampuanmatematikasedang, dalam proses investigasidalampembelajaranmelakukanaktivitassesuaidengan grouping, berperanaktifdalammerencanakanpembagiantugas, pahammengenai proses investigasihaliniterlihatdariaktivitasnyadalamkelompok yang salingbertukarinformasi, menuliskanlaporanhasildiskusipadalembar yang telahdisediakandanmempersiapkananggotakelompoknyadalampesentasi, cukupaktifdalampresentasidikelas, danmelakukanevaluasiberupakoreksiterhadapdiskusidanmenyimpulkanhasilpembelajaran.Sementara siswaberkemampuanmatematikarendah, dalam proses investigasidalampembelajaranmelakukanaktivitassesuaidengan grouping, cukupaktifdalammerencanakanpembagiantugas, kurangpahammengenai proses investigasihaliniterlihatdariaktivitasnyadalamkelompok yang kurangpahamdalammenganalisis data dandalammembuathasildiskusikelompok, menerima pengarahan dari ketuakelompoknyadalampersiapanpresentasi yang akandilakukandidepankelas, kurangaktifdalampresentasidikelas, dantidakpernahmelakukankoreksidalam proses pembelajaran. Secaraumumdisimpulkanbahwa model pembelajarankooperatiftipe group investigation (GI) dalampembelajaranmatematikadikelas VIIID SMP Negeri 31 Makassar efektifditerapkan. Kata Kunci: Kooperatif , Group Investigation.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 15 Mar 2018 06:39 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 06:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5701 |
Actions (login required)
View Item |