“Penerapan Metode Investigasi Kelompok terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak Rekaman Pementasan Drama Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Makassar.”

Sari, Nilam (2014) “Penerapan Metode Investigasi Kelompok terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak Rekaman Pementasan Drama Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Makassar.”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I,II,III.docx

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menyimak rekaman pementasan drama dan peningkatan hasil pembelajaran menyimak rekaman pementasan drama melalui metode Investigasi Kelompok Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Makassar. Jenis penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas). Data penelitian ini meliputi data proses berupa nontes (observasi dan angket) dan data hasil berupa tes (soal-soal). Sumber data penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Makassar dengan jumlah 35 orang. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan bentuk siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I berlangsung tiga kali pertemuan, dan siklus II berlangsung tiga kali pertemuan Proses pembelajaran menyimak pementasan drama melalui metode Investigasi Kelompok telah mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II dengan penambahan teknik pada terapan metode tersebut,. Kekurangan yang terdapat pada siklus I, yaitu siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran, kegiatan menyimak siswa yang kurang maksimal, terdapat siswa yang belum mampu menyimpulkan hasil simakan, guru belum memaparkan tujuan pembelajaran, belum memaparkan hasil akhir yang diharapkan (menyimak pementasan drama), dan penilaian dari hasil akhir tersebut sehingga memengaruhi proses dan hasil pembelajaran siswa. Kekurangan-kekurangan tersebut telah diperbaiki pada siklus II. Penerapan metode investigasi kelompok pada siklus II kemudian disertai dengan penerapan tehnik Debat Time Token. Hasil tes pembelajaran kemampuan menyimak rekaman pementasan drama melalui metode Invetigasi Kelompok menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I dengan hasil tes pada siklus II. Hasil tes pada siklus I menunjukkan rata-rata siswa hanya mencapai kategori cukup. Namun, pada siklus II, hasil tes siswa sudah mencapai kategori sangat baik dan kategori baik. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,20. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 67,95, sedangkan pada siklus II, hasil yang dicapai sebesar 86,15. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Makassar dapat mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan kemampuannya dalam menyimak pementasan drama dengan menerapkan metode Investigasi Kelompok dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi siswa. Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2018 02:07
Last Modified: 28 Feb 2018 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5073

Actions (login required)

View Item View Item