Putri, Anita purnama (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Mengoptimalkan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV PEMBAHASAN - FIX.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN FIX.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran berbasis masalah dengan mengoptimalkan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa tahun ajaran 2016/ 2017 yang terdiri dari 3 kelas paralel dan kelas yang diberikan perlakuan adalah kelas VIII B yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, tes hasil belajar, angket metakognisi dan angket respons siswa terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif dengan skor rata-rata 3,6, hasil belajar matematika peserta didik berada pada kategori sedang dengan mean 82,46 dan standar deviasi sebesar 10,07, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 96,97%, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar berada pada kategori tinggi, kesadaran metakognitif peserta didik berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,68, respons peserta didik terhadap pembelajaran berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,53. Secara umum disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan mengoptimalkan keterampilan metakognitif efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 02:53 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 02:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4321 |
Actions (login required)
View Item |