Nur Fitriani (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI UPT SPF SD INPRES BERTINGKAT BARA-BARAYA II KOTA MAKASSAR.
![]() |
Text
ARTIKEL_NUR FITRIANI.pdf Download (518kB) |
Abstract
Nur Fitriani, 2024. Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5) di UPT SPF SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya II Kota Makassar Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Sayidiman) Penelitian ini menganalisis tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di UPT SPF SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya II Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengdeskripsikan implementasi P5 di UPT SPF SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya II. Pendekatan yang di gunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah yaitu kepala sekolah, guru kelas VB dan siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan implementasi P5 di kelas VB di UPT SPD SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya II terdiri dari tiga tahapan yaitu: 1) tahap perencanaan yang terdiri dari membentukkan tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema, alokasi waktu, menyusun modul projek dan membuat strategi pelaporan kegiatan projek 2) tahap pelaksanaan kegiatan projek menggunakan alur pelaksanaan yaitu: pengenalan pada tahap ini peserta didik diperkenalkan mengenai sampah, macam-macam sampah, bahaya dan manfaat sampah, kontesktualisasi tahap ini peserta didik membuat peta konsep mengenai bahaya dan manfaat sampah, aksi peserta didik menbuat projek ecobrick dengan mengumpulkan sampah pelastik dilingkungan sekolah dan dimasukkan kedalam botol bekas, refleksi dan tindak lanjut tahapan ini peserta didik bersama guru membuat hasil ecobrick menjadi barang yang memiliki nilai guna. 3) tahap evaluasi projek di UPT SPF SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya II dilakukan dengan pengamatan yang dilakukan oleh guru dan untuk evaluasi keterlaksanaan dilakukan pada saat rapat. Kata Kunci: Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:14 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |