A.S. ALMUNAWWARAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING ALOUD TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS IV UPT SPF SDN BATULACCU KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.
![]() |
Text
Jurnal A.S. Almunawwarah.pdf Download (168kB) |
Abstract
A.S. ALMUNAWWARAH, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Reading Aloud terhadap Pemahaman Bacaan Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Batulaccu Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Rohana dan Hamzah Pagarra) Penelitian ini berdasarkan permasalahan pemahaman bacaan siswa kelas IV UPT SPF SDN Batulaccu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran reading aloud, gambaran pemahaman bacaan siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reading aloud terhadap pemahaman bacaan siswa kelas IV UPT SPF SDN Batulaccu Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Penelitian ini mengacu pada lembar observasi dan hasil belajar siswa yaitu pretest dan posttest. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu design one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SDN Batulaccu dengan menggunakan sampel jenuh. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV UPT SPF SDN Batulaccu yang berjumlah 19 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran reading aloud memiliki pengaruh terhadap pemahaman bacaan siswa kelas IV UPT SPF SDN Batulaccu Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Hal ini dibuktikan dari hasil posttest yang memiliki nilai rata-rata 81,79 jauh berbeda dari hasil pretest dengan nilai rata-rata 64,58. Hasil hipotesis ini diperoleh thitung > ttabel atau 8,045 > 1,734. Sedangkan pada sig (2-tailed) diperoleh 0,000 maka 0,000 < 0,05. Dengan demikian, disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh bermakna model pembelajaran reading aloud terhadap pemahaman bacaan siswa kelas IV UPT SPF SDN Batulaccu Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Kata Kunci: Model, Reading Aloud, Pemahaman, Bacaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:01 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |