Nurkhairunnisa (2025) ANALISIS PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU UPT SD NEGERI 14 TURATEA KABUPATEN JENEPONTO. (Submitted)
![]() |
Text
Artikel_Analisis Pemanfaatan PMM Terhadap Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru UPT SDN 14 Turatea Kabu~0.pdf Download (553kB) |
Abstract
Nurkhairunnisa, 2024. Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Pengembangan Kompetensi Pedagogik UPT SD Negeri 14 Turatea Kabupaten Jenepont. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Irfan dan Abdul Rahman). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar terhadap pengembangan kompetensi pedagogik guru UPT SD NEGERI 14 TURATEA Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam melalui 7 responden yaitu kepala sekolah dan guru kelas 1-6 di UPT SDN 14 Turatea Kabupaten Jeneponto. Berdasarkan teori Technology Acceptance Model (TAM), PMM efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Perceived ease of use menunjukkan bahwa guru merasa mudah menggunakan PMM karena tampilannya yang sederhana mudah diakses, serta dukungan teknis yang memadai, sosialisasi yang baik, dan akses yang fleksibel. Perceived usefulness menunjukkan bahwa PMM secara signifikan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru UPT SDN 14 Turatea Kabupaten Jeneponto sehingga PMM bukan hanya dimanfaatkan untuk kepentingan administrasi, tetapi juga sumber daya penting dengan akses keberbagai aktivitas seperti pelatihan mandiri, video, perangkat ajar, komunitas belajar, kolaborasi, dan publikasi karya yang mendukung pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman, pembelajaran efektif, serta asesmen dan umpan balik yang lebih baik. Attitude towards using menunjukkan bahwa guru memiliki sikap positif terhadap PMM karena aktivitas yang ditawarkan dianggap bermanfaat dan berkualitas. Behavioral intention to use menyoroti bahwa manfaat PMM dan biaya yang ekonomis mendorong penggunaan berkelanjutan. Selanjutnya, actual system use menunjukkan bahwa aksesibilitas tinggi dan durasi penggunaan yang signifikan mencerminkan dedikasi guru dalam pemanfaatan PMM untuk meningkatkan kompetensi pedagogik mereka. Kata kunci: Platform Merdeka Mengajar, Kompetensi Pedagogik, Technology Acceptance Model (TAM), Pengembangan Guru.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 01:57 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 01:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |