PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD INPRES 7/83 MALIMONGENG KABUPATEN BONE

RISKA WAHYUNI (2025) PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD INPRES 7/83 MALIMONGENG KABUPATEN BONE.

[img] Text
RISKA WAHYUNI_JURNAL.pdf

Download (363kB)

Abstract

RISKA WAHYUNI, 2024. Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Yusnadi) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone. Adapun tujuan dari penelitian yaitu: (1) gambaran penerapan ice breaking di SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone, (2) Minat belajar siswa di SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone, (3) pengaruh perapan ice breaking terhadap minat belajar siswa di SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental dalam bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone dengan jumlah sebanyak 282 siswa, Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV, pada kelas IV A sebagai kelas ekperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan infrerensial diperoleh data dihasilkan dalam penelitian ini distribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan data Independent sampel T-test yang menunjukkan terdapat pengaruh minat belajar siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone. Dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan pada SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan ice breaking di SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone menunjukkan bahwa setiap tahapan pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan kategori baik sekali, (2) Minat belajar siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone setelah penerapan ice breaking mencapai kategori Sangat tinggi, (3) Ice breaking tidak berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng Kabupaten Bone. Kata Kunci: ice breaking, minat belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:52
Last Modified: 09 Jan 2025 01:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36344

Actions (login required)

View Item View Item