PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI UPT SPF SD INPRES PERUMNAS I KOTA MAKASSAR

DWI JUMRAENI HASMUR (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI UPT SPF SD INPRES PERUMNAS I KOTA MAKASSAR. (Submitted)

[img] Text
Jurnal_Dwi Jumraeni Hasmur.pdf

Download (660kB)

Abstract

DWI JUMRAENI HASMUR, 2024, Pengaruh Penggunaan Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV di UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Yusnadi) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Gambaran penggunaan media quizizz paper mode pada pembelajaran matematika kelas IV di UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar, (2) Hasil belajar matematika kelas IV di UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar, (3) Pengaruh penggunaan media quizizz paper mode terhadap hasil belajar matematika kelas IV di UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental dalam bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Populasi seluruh penelitian ini yaitu kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar dengan jumlah 38 siswa, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial diperoleh data yang dihasilkan dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan data Indpendent sample T-test yang menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar matematika kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar. Dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan pada kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media quizizz paper mode kelas IV di UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar menunjukkan bahwa setiap tahapan pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dengan kategori baik sekali, (2) Hasil belajar matematika peserta didik kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar setelah menggunakan media quizizz paper mode mencapai kategori sangat baik, (3) Media quizizz paper mode berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas IV di UPT SPF SD Inpres Perumnas I Kota Makassar. Kata Kunci : Media Quizizz Paper Mode, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:50
Last Modified: 09 Jan 2025 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36343

Actions (login required)

View Item View Item