St. Aisyah Ardhilah (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES TANGKALA II KOTA MAKASSAR. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL ST. AISYAH ARDHILAH.pdf Download (247kB) |
Abstract
St. Aisyah Ardhilah, 2024, Pengaruh Penggunaan Media Strip Story Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Tangkala II Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Faidah Yusuf dan Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien) Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran penggunaan media Strip Story terhadap keterampilan membaca pemahaman di Kelas IV UPT SPF SD Inpres Tangkala II Kota Makassar, (2) Keterampilan membaca pemahaman sebelum dan setelah penggunaan Media Strip Story pada pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV, (3) Pengaruh Penggunaan media Strip Story terhadap katerampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Tangkala II Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitan eksperimen dan desain penelitian Quasi Experimental Design. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IV A dan IV B UPT SPF SD Inpres Tangkala II Kota Makassar yang berjumlah 48 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik Inferensial yang terdiri dari Uji Normlitas, uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Independent sample t- test dengan bantuan SPSS Version 29.0. Instrumen Penelitian berupa tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Strip Story terhadap keterampilan membaca pemahaman di kelas IV UPT SPF SD Inpres Tangkala II Kota Makassar secara umum terlaksana dengan sangat efektif, (2) keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV setelah penggunaan media pembelajaran Strip Story lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran Strip Story. (3) penggunaan media pembelajaran Strip Story memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Tangkala II Kota Makassar. Kata Kunci: Media Strip story, keterampilan membaca pemahaman.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 01:47 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 01:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |