PENERAPAN METODE TASK ANALYSIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MENCUCI TANGAN MURID DOWN SYNDROME DI SLBN 1 SELAYAR

Muh. Irvan (2025) PENERAPAN METODE TASK ANALYSIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MENCUCI TANGAN MURID DOWN SYNDROME DI SLBN 1 SELAYAR.

[img] Text
Jurnal_Muh. Irvan.pdf

Download (287kB)

Abstract

Muh. Irvan, 2024. Penerapan Metode Task Analysis dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Mencuci Tangan Murid Down Syndrome di SLBN 1 Selayar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Dr. Bastiana, M.Si Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan bina diri mencuci tangan pada murid Down Syndrome kelas IV di SLBN 1 Selayar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan bina diri mencuci tangan sebelum penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. 2) Bagaimanakah kemampuan bina diri mencuci tangan setelah penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. 3) Apakah ada peningkatan kemampuan bina diri mencuci tangan melalui metode task analysis pada murid Down Syndrome. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan bina diri mencuci tangan sebelum penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. 2) Kemampuan bina diri mencuci tangan setelah penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. 3) Peningkatan kemampuan bina diri mencuci tangan melalui metode task analysis pada murid Down Syndrome. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan bina diri mencuci tangan sebelum dan setelah penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. Teknik pengumpulan data adalah tes. Subjek penelitian ini adalah seorang murid Down Syndrome. Teknik analisis data adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan bina diri mencuci tangan sebelum penggunaan metode task analysis berada dalam kategori sangat kurang, 2) Kemampuan bina diri mencuci tangan setelah penggunaan metode task analysis berada dalam kategori baik sekali, 3) Penggunaan metode task analysis dapat meningkatkan kemampuan bina diri mencuci tangan pada murid Down Syndrome kelas IV di SLBN 1 Selayar. Kata Kunci: Down Syndrom, Mencuci Tangan, Metode Task Analysis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:41
Last Modified: 09 Jan 2025 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36339

Actions (login required)

View Item View Item