Muh. Irvan (2025) PENERAPAN METODE TASK ANALYSIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MENCUCI TANGAN MURID DOWN SYNDROME DI SLBN 1 SELAYAR.
![]() |
Text
Jurnal_Muh. Irvan.pdf Download (287kB) |
Abstract
Muh. Irvan, 2024. Penerapan Metode Task Analysis dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Mencuci Tangan Murid Down Syndrome di SLBN 1 Selayar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Dr. Bastiana, M.Si Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan bina diri mencuci tangan pada murid Down Syndrome kelas IV di SLBN 1 Selayar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan bina diri mencuci tangan sebelum penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. 2) Bagaimanakah kemampuan bina diri mencuci tangan setelah penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. 3) Apakah ada peningkatan kemampuan bina diri mencuci tangan melalui metode task analysis pada murid Down Syndrome. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan bina diri mencuci tangan sebelum penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. 2) Kemampuan bina diri mencuci tangan setelah penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. 3) Peningkatan kemampuan bina diri mencuci tangan melalui metode task analysis pada murid Down Syndrome. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan bina diri mencuci tangan sebelum dan setelah penggunaan metode task analysis pada murid Down Syndrome. Teknik pengumpulan data adalah tes. Subjek penelitian ini adalah seorang murid Down Syndrome. Teknik analisis data adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan bina diri mencuci tangan sebelum penggunaan metode task analysis berada dalam kategori sangat kurang, 2) Kemampuan bina diri mencuci tangan setelah penggunaan metode task analysis berada dalam kategori baik sekali, 3) Penggunaan metode task analysis dapat meningkatkan kemampuan bina diri mencuci tangan pada murid Down Syndrome kelas IV di SLBN 1 Selayar. Kata Kunci: Down Syndrom, Mencuci Tangan, Metode Task Analysis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 01:41 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 01:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |