PENGEMBANGAN MEDIA DAKON PORTABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IV DI SLB JENETALLASA

TASRIFATUN NIKITA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA DAKON PORTABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IV DI SLB JENETALLASA.

[img] Text
Artikel Tasrifatun Nikita.pdf

Download (347kB)

Abstract

TASRIFATUN NIKITA, 2024. Pengembangan Media Dakon Portable untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung pada Siswa Tunagrahita Kelas IV di SLB JENETALLASA. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si., dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si;Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan media dakon portable untuk meningkatkan kemampuan menghitung angka. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah gambaran hasil analisis kebutuhan akan pengembangan media dakon portable pada siswa tunagrahita?”. Tujuan penelitian ini menggambarkan hasil analisis kebutuhan akan pengembangan media dakon portable pada siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, angket dan uji validitas. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru yang mengajar di SLB Jenetallasa dan dua orang validator. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yaitu: Tahap pendefinisian (define), Tahap Perencanaan (design), Tahap Pengembangan (development), dan Tahap Penyebarluasan (disseminate). Data yang diperoleh dianalisis melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitin disimpulkan bahwa hasil uji validitas pengembangan media dakon portable dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menghitung angka siswa tunagrahita Kata Kunci : Dakon Portable¸ Menghitung, Siswa Tuangrahita

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:34
Last Modified: 09 Jan 2025 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36336

Actions (login required)

View Item View Item