DAMPAK NEGATIF KEBIASAAN BERLEBIHAN MENONTON DRAMA KOREA DAN PENANGANANNYA (Studi Kasus Siswa di SMK Negeri 3 Makassar)

NOVITASARI (2025) DAMPAK NEGATIF KEBIASAAN BERLEBIHAN MENONTON DRAMA KOREA DAN PENANGANANNYA (Studi Kasus Siswa di SMK Negeri 3 Makassar). (Submitted)

[img] Text
Novitasari_Artikel Ilmiah.pdf

Download (575kB)

Abstract

NOVITASARI, 2024, Dampak Negatif Kebiasaan Berlebihan Menonton Drama Korea dan penanganannya (Studi Kasus Siswa di SMK Negeri 3 Makassar). Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Prof. Dr. Farida Aryani, S.Pd., M.Pd dan Dr. Suciani Latif, M.Pd. Penelitian ini menganalisis Dampak Negatif Kebiasaan Berlebihan Menonton Drama Korea dan Upaya Penanganannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Makassar yang mengalami kebiasaan berlebihan menonton drama Korea. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran keseharian dampak negatif dari menonton drama Korea pada siswa (NA) di SMK Negeri 3 Makassar, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kebiasaan berlebihan menonton drama Korea, (3) Untuk mengetahui apa saja dampak negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan berlebihan menonton drama Korea, (4) Untuk mengetahui upaya penanganan gejala dari dampak negatif yang timbul karena menonton drama Korea pada siswa (NA) di SMK Negeri 3 Makassar. Pengolahan data pada penelitian ini yaitu melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kebiasaan menonton drama Korea pada NA sebelum penerapan teknik self control yaitu 4 sampai 5 episode dengan durasi waktu 5 hingga 6 jam dalam sehari mengalami penurunan menjadi 1 sampai 3 episode dengan durasi waktu 3 jam dalam sehari, (2) Faktor-faktor penyebab timbulnya dampak negatif kebiasaan berlebihan menonton drama Korea pada siswa (NA) yaitu karena pengaruh teman sebaya dan komunitas online yang ia ikuti, (3) Dampak negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan berlebihan menonton drama Korea yaitu terbagi atas dua yaitu dampak internal berupa gangguan kesehatan, kesulitan untuk fokus, dan perubahan dalam jam tidur. Dampak eksternalnya adalah siswa (NA) sering terlambat, menunda-nunda, dan kurang disiplin waktu, (4) Salah satu upaya yang dilakukan dalam penanganan kebiasaan berlebihan menonton drama Korea menggunakan teknik self control yang dilaksanakan sebanyak 6 tahap dengan 8 kali pertemuan, selama pelaksanaan siswa menunjukkan perilaku yang baik. Kata Kunci: drama Korea, teknik self control.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:33
Last Modified: 09 Jan 2025 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36335

Actions (login required)

View Item View Item