PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAURAH KOTA MAKASSAR

Dita Fauziah Tazany (2025) PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAURAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1-9.pdf

Download (200kB)

Abstract

Dita Fauziah Tazany, 2024. Skripsi, Pengaruh Metode Total Physical Response TPR Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Naurah Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Azizah Amal dan Fitriani Dzulfadhilah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Total Physical Response TPR Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Naurah Kota Makassar. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Naurah Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak kelompok B usia 5-6 tahun dengan 10 anak sebagai kelompok eksperimen dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Metode Total Physical Response memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di TK Naurah. KataKunci: Total Physical Response, Kosakata, Bahasa Inggris

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:24
Last Modified: 09 Jan 2025 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36334

Actions (login required)

View Item View Item