PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BERBASIS EKONOMI KREATIF (STUDI PADA PROGRAM SEKOLAH PEREMPUAN FAMAJJAH DESA BULU CINDEA, KABUPATEN PANGKEP)

IISDELIMA (2025) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BERBASIS EKONOMI KREATIF (STUDI PADA PROGRAM SEKOLAH PEREMPUAN FAMAJJAH DESA BULU CINDEA, KABUPATEN PANGKEP).

[img] Text
JURNAL IISDELIMA.pdf

Download (257kB)

Abstract

IISDELIMA, 2024, Pemberdayaan Perempuan Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi pada Program Sekolah Perempuan Famajjah, Desa Bulu Cindea, Kabupaten Pangkep). Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Kartini Marzuki dan Rudi Amir) Penelitian ini meneliti tentang Pemberdayaan Perempuan Berbasis Ekonomi Kreatif di Sekolah Perempuan Famajjah, Desa Bulu Cindea, Kabupaten Pangkep. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai proses pemberdayaan perempuan berbasis ekonomi kreatif di Sekolah Perempuan Famajjah. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah tim pendiri Sekolah Perempuan Famajjah, kepala desa Bulu Cindea, dan warga belajar Sekolah Perempuan Famajjah. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemberdayaan ekonomi kreatif yang dilakukan di Sekolah Perempuan Famajjah Desa Bulu Cindea ini dilakukan sesuai dengan tahap pemberdayaan yakni proses pengkajian dimulai dengan identifikasi masalah dan sumber daya melalui survei, wawancara, dan observasi. Perencanaan dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan masyarakat, tim pendiri, dan pemerintah desa untuk merumuskan program yang sesuai dengan kebutuhan lokal. Tim pendiri berperan dalam menyusun program pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kondisi finansial keluarga. Pelaksanaan melibatkan pelatihan praktis dan pendampingan. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh melalui monitoring rutin dan partisipasi masyarakat. Untuk keberlanjutan, kader dan alumni dilibatkan dalam pengelolaan, meskipun ada kendala seperti kurangnya tutor dan menurunnya minat peserta. Kata kunci : Pemberdayaan Perempuan, Ekonomi Kreatif, Sekolah Perempuan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:15
Last Modified: 09 Jan 2025 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36331

Actions (login required)

View Item View Item