MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MALUNDA KABUPATEN MAJENE

Nusran (2025) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MALUNDA KABUPATEN MAJENE. (Submitted)

[img] Text
Artikel Nusran_EDUSTUDENT.pdf

Download (479kB)

Abstract

Nusran, 2024. Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malunda. Di bimbing oleh Syamsurijal Basri, S.Pd, M.Pd dan Dr. Hasan, S.Pd.I, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malunda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malunda. Penelitian ini berfokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Malunda. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan, guru, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian tentang manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Malunda dapat disimpulkan bahwa : Perencanaan perpustakaan mencakup struktur organisasi perpustakaan, visi dan misi perpustakaan. seluruh komponen yang ada di sekolah dilibatkan dalam perencanaan perpustakaan, kegiatan kerja sama sekolah dan perpustakaan, pengadaan buku, koleksi buku serta pelayanan dan kenyaman, anggaran dan pemeliharaan perpustakaan sekolah. Pelaksanaan perpustakaan, dari segi pelaksanaan ditinjau dari pemilihan kepala perpustakaan dan seluruh staff perpustakaan sekolah, pelaksanaan kegiatan perpustakaan dilihat dari segi pengadaan buku dan penambahan koleski, perencanaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik bahwa mulai dari program kerja perpustakaan dan struktur organisasi perpustakaan sekolah, dilihat dari program kerja perpustakaan yaitu pelaksanaannya dibuatkan sebuah organisai literasi dan pembuatan pojok baca setiap sudut kelas . Pengawasan perpustakaan yang masuk dalam kegiatan pengawasan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 1 Malunda, yaitu pihak sekolah melakukan pengawasan yang meliputi pengawasan pengadministrasian, keadaan dan jumlah buku, penganggaran, dan pengawasan terkait kunjungan peserta didik ke perpustakaan, pengawasan tenaga perpustakaan serta komunikasi yang dilakukan dalam pengambilan tindak lanjut dari hasil keputusan pengawasan. Kata Kunci : Manajemen Perpustakaan, Minat Baca Peserta Didik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:40
Last Modified: 08 Jan 2025 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36326

Actions (login required)

View Item View Item