PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Musniar, Andi PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.

[img] Text
Artikel_Andi Musniar.pdf

Download (443kB)

Abstract

Abstract: Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pengembangan dilaksanakan dengan mengacu pada model 4D. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang memenuhi kriteria valid dan praktis, menganalisis efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir krtitis peserta didik yang telah dikembangkan. Bahan ajar divalidasi oleh tiga pakar. Subyek ujicoba adalah peserta didik kelas XI SMAN 14 Bone Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ahli/pakar terhadap bahan ajar berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan kemudian dianalisis dengan menggunakan formulasi Aiken’V diperoleh rata-rata aspek kelayakan isi sebesar 0,86, kelayakan penyajian sebesar 0,90, dan aspek bahasa sebesar 0,81 dan dinyatakan memenuhi kriteria kelayakan (valid). Hasil penilaian guru terhadap bahan ajar diperoleh aspek kelayakan petunjuk dengan rata-rata sebesar 3,83, aspek cakupan komponen kuesioner sebesar 3,67, dan aspek kelayakan bahasa sebesar 3,44 dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal ini dinyatakan layak untuk diujicobakan. Keefektifan bahan ajar berbasis kearifan lokal dapat dilihat dari adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan hasil pretest dan postest yang dianalisis menggunakan uji N-Gain. Secara keseluruhan, nilai rata-rata N-Gain peserta didik pada keterampilan berpikir kritis adalah 0,55 berada pada kategori sedang. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMAN 14 Bone. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Keywords: Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Article
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Dec 2024 02:32
Last Modified: 18 Dec 2024 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36304

Actions (login required)

View Item View Item