PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STIK ES CREAM TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II UPT SPF SDI BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Siti Maulidina Salam (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STIK ES CREAM TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II UPT SPF SDI BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL_SITI MAULIDINA SALAM_200407512004.pdf

Download (247kB)

Abstract

Siti Maulidina Salam, 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Stik Es Cream terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas II UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Nurhaedah) Penelitian ini adalah dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar yaitu rendahnya kemampuan berhitung perkalian siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran stik es cream pada kelas II UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (2) untuk mengetahui gambaran kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makasaar, (3) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran stik es cream terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini media stik es cream dan variabel terikatnya yaitu kemampuan berhitung perkalian. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (II A) dan kelas kontrol (II B), teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi dan tes. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian perlakuan, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IMB SPSS statistics version. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media stik es cream berjalan dengan baik. (2) kemampuan berhitung perkalian siswa pada pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media stik es cream menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilihat pada nilai rara-rata tes dan lembar observasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest kemampuan berhitung perkalian siswa dari kategori baik menjadi baik. (3) terdapat pengaruh media stik es cream terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II UPT SPF SDI BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata Kunci: media pembelajaran, stik es cream, berhitung perkalian

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:02
Last Modified: 13 Sep 2024 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36068

Actions (login required)

View Item View Item