IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR - KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Ayda Nabila (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR - KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Ayda Nabila 13 Mei 2024.pdf

Download (284kB)

Abstract

Ayda Nabila, 2023 Implementasi Kebijakan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, yang Dibimbing oleh Dr. Ed. Faridah, ST.,M.Sc dan Pembimbing II Irmawati, S.Pd., M.Pd. Program Studi Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus penelitian adalah bagaimana Implementasi dan faktor pendukung dan faktor penghambat Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di Fakultas Ilmu Pendidikan khususnya Prodi PGSD dan Prodi PGPAUD sebagai Prodi yang memiliki tingkat partisipasi mahasiswa terbanyak mengikuti program MBKM. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah Tim MBKM Universitas, Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Prodi PGSD dan Prodi PGPAUD. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa (1) Kebijakan MBKM di Universitas Negeri Makassar (yaitu) dengan membuat Tim MBKM, menyusun buku panduan, menyiapkan administrasi pendukung, Menyiapkan dokumen kerjasama dengan mitra, dan Mendampingi mahasiswa dalam pelaksanaan MBKM, selanjutnya (2)Tugas Tim MBKM yaitu melakukan sosialisasi, dimana dalam sosialisasi ini dilakukan strategi dalam memastikan keberhasilan Program MBKM, selain itu dilakukan pemanfaatan teknologi dengan membuat Website pelaksanaan MBKM, serta melakukan koordinasi mitra atau perusahaan dalam kerjasama industry sehingga banyaknya partisipasi dari mahasiswa yang ikut melaksanakan Program MBKM di FIP khususnya Prodi PGSD dan Prodi PGPAUD. Adapun peran FIP dalam mendukung dan memfasilitasi yaitu dengan mempermudah dokumen serta koordinasi FIP dan Prodi dalam pelaksanaan MBKM. Sehingga, hasil implementasi MBKM menghasilkan penilaian Program MBKM di Prodi PGSD dan Prodi PGPAUD adalah Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa, yang keduanya sesuai dengan kegiatan pembelajaran di Prodi PGSD dan Prodi PGPAUD. (3) Faktor Pendukung dalam pelaksanaan MBKM yaitu adanya Buku Panduan, adanya Tim MBKM, dan adanya kerjasama Tim MBKM, FIP dan Prodi dalam pelaksanaan MBKM, sedangkan Faktor penghambat yaitu kurangnya komunikasi mengenai pelaksanaan MBKM, dan terdapat Program-Program MBKM yang tidak sejalan dengan pembelajaran di Prodi khususnya Prodi PGSD dan Prodi PGPAUD. Kata Kunci : kebijakan, implementasi, program MBKM.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:38
Last Modified: 24 Jun 2024 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35700

Actions (login required)

View Item View Item