Hadra Susanti (2024) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAPKEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK MARUZAN MAKASSAR.
Text
4918-Article Text-14117-1-10-20231109.pdf Download (181kB) |
Abstract
Hadra Susanti, 2023. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Maruzan Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Parwoto dan A.Sri Wahyuni Asti) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan eksperimen terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di TK Maruzan Makassar. Berdasarkan pengamatan kenyataan di lapangan terdapat permasalahan yaitu rendahnya kemampuan sains anak yang masih kurang dikarenakan metode pembelajarannya masih bersifat konvensional yang artinya bersifat monoton. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Tk Maruzan Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah puposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak, 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Hasil analisis data diperoleh Asym (2-tailed) =0,027 < 0,05 H1 diterima dan H0 ditolak, artinya kemampuan sains anak pada kelompok eksperimen mengalami perkembangan yang signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Ini menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen memberikan pengaruh terhadap pengaruh terhadap kemampuan sains anak udia 5-6 tahun di TK Maruzan Makassar. Kata kunci : Eksperimen, Kemampuan Sains
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:02 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35692 |
Actions (login required)
View Item |