PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

DIAN ELFRINA MANIK (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (212kB)
[img] Text
ISI.pdf

Download (1MB)

Abstract

DIAN ELFRINA MANIK., 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah,S.Pd., M.Pd dan Dra.Hj. Johara Nonci., M.Si pada Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah satu orang guru kelas, satu orang teman sejawat dan siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari laki-laki 10 siswa dan perempuan 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah adalah teknis analisis kualitatif dan kuatitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar IPA siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat disiklus II dengan kategori baik sekali. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam menerapkan metode pembelajaran demonstrasi untuk disetiap siklus yakni siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat di siklus II dengan kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:25
Last Modified: 03 Aug 2023 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33358

Actions (login required)

View Item View Item