Kuddus, Muhammad Shiddiqien and Ruslan, Ruslan and Dassa, Awi (2017) Pengaruh Metode Probing Prompting Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 1 (2). pp. 120-126. ISSN 26858592
Text (Jurnal)
7. 9472-22032-1-SM.pdf Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengkaji: (1) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan metode Probing Prompting setting kooperatif pada kelas eksperimen; (2) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif pada kelas kontrol; (3) apakah metode Probing Prompting berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa kedua kelas; (4) seberapa besar tingkat hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Probing Prompting. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang terdiri dari 6 kelas. Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan simple random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata hasil pretest dan posttest siswa yang diajar dengan metode Probing Prompting setting kooperatif dan model pembelajaran koperatif berturut-turut adalah: (i) 3.18 dan 64.76; dan (ii) 3.42 dan 52.35; (2) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Probing Prompting sebesar 64.76 dalam kategori sedang. Hasil dari analisis statistika inferensial adalah: peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Probing Prompting setting kooperatif lebih besar dari peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Zainatun |
Date Deposited: | 30 Jun 2023 07:08 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 07:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32580 |
Actions (login required)
View Item |