Nurjannah, Nurjannah and Djadir, Djadir and Dassa, Awi (2017) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang Diajar dengan Menerapkan Missouri Mathematics Project. Issues in Mathematics Education (IMED), 1 (2). pp. 91-100. ISSN 26858592
Text (Jurnal)
6. 9463-22018-1-SM.pdf Download (193kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen. Desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design yang bertujuan mendeskripsikan dan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII 3 yang diajar dengan menerapkan model Missouri Mathematics Project. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 yang terdiri dari 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh siswa mampu memecahkan masalah matematika berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil uji hipotesis menunjukkan: 1) Nilai rata-rata postest siswa memenuhi nilai KKM yang ditetapkan yaitu lebih besar sama dengan 79. Ini berarti bahwa nilai rata-rata postest secara signifikan lebih dari 77,9; 2) Rata-rata nilai gain ternormalisasi melebihi kategori . Ini berarti bahwa nilai rata-rata gain ternormalisasi secara signifikan lebih dari 0,29; dan 3) Nilai postest yang diperoleh siswa telah tuntas secara klasikal berdasarkan uji proporsi, Ini berarti bahwa ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project.secara signifikan lebih dari 0,849.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Zainatun |
Date Deposited: | 30 Jun 2023 07:08 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 07:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32576 |
Actions (login required)
View Item |