Kusuma W, Muh. Kurniawan Adi and Syakhruni, Syakhruni (2021) PERANCANGAN PEMBELAJARAN VOKAL DI SMA MENGGUNAKAN APLIKASI KARAOKE ONLINE STARMAKER. Prosiding Conference of Arts, Arts Education and Design. pp. 41-46. ISSN 2747-2620
Text
prosiding PERANCANGAN PEMBELAJARAN VOKAL.pdf Download (273kB) |
Abstract
Pembelajaran seni di sekolah senantiasa berpatokan pada empat aspek, yakni aspek spiritual, kognitif meliputi teori dan konsep, afektif meliputi sikap dan psikomotor atau keterampilan. Kehadiran pandemi Covid 19 yang melanda negeri lebih dari 2 tahun telah membawa dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat, termasuk juga dalam hal Pendidikan. Pembelajaran tatap muka untuk sementara dilakukan secara daring. Pelaksanaan Pendidikan secara daring menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik seni di sekolah khususnya dalam aspek psikomotorik. Salah satu solusi yang ditawarkan melalui tulisan ini adalah pemanfaatan perangkat gawai. Aplikasi karaoke mobile berbasis jaringan internet yang saat ini marak digunakan pada perangkat gawai yang pada awalnya digunakan untuk hiburan, dapat dimanfaatkan untuk membantu guru dalam pembelajaran musik khususnya vokal di sekolah. Aplikasi tersebut juga memiliki kelebihan antara lain user interface yang intuitif, mudah digunakan, terdapat fitur menaik dan turunkan nada dasar, pilihan lagu yang beragam, fasilitas record video dan gratis. Penugasan maupun praktek ujian vokal dapat dilakukan secara fleksibel dengan bantuan aplikasi tersebut, sehingga memudahkan guru dalam pengumpulan tugas dimana saja dan kapan saja, melalui beberapa platform pesan singkat ataupun streaming. Kata Kunci: aplikasi, karaoke, online
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 09:35 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 09:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29705 |
Actions (login required)
View Item |