Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak melalui Metode Cerita Bergambar pada Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar

Kasmawati (2022) Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak melalui Metode Cerita Bergambar pada Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar.

[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI PGTK.docx

Download (41kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (75kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (37kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (52kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (69kB)
[img] Text
Lampiran - Dokumentasi.docx

Download (92kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (37kB)

Abstract

Kasmawati, 2012. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak melalui Metode Cerita Bergambar pada Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Azizah Amal S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode cerita bergambar pada anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan bahasa ekspresif anak dan metode cerita bergambar. Penelitian ini dilaksanakan atas 3 siklus, siklus I dilaksanakan 2 pertemuan, siklus II dilaksanakan 2 pertemuan, dan siklus III dilaksanakan 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelompok B3 serta anak kelompok B3 yang terdiri atas 10 anak didik yaitu 8 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah penerapan metode cerita bergambar yakni: pada siklus I, penerapan metode cerita bergambar dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik dimana guru tidak menjelaskan arti dari judul cerita sehingga anak tidak memperoleh gambaran tentang makna cerita. Pada siklus II, penerapan metode cerita bergambar dalam proses pembelajaran juga belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, disamping itu guru masih kurang memotivasi anak untuk berani mengungkapkan pikiran dan perasaannya sehingga anak hanya terdiam saat berdiri di depan untuk bercerita. Pada siklus III guru telah menjelaskan setiap arti dari judul cerita sehingga anak memahami makna dari cerita yang disajikan. Sebagai kesimpulan, metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Andiya. Karena itu,

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:17
Last Modified: 24 Nov 2022 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25695

Actions (login required)

View Item View Item