KARLINA KAMINE (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR.
![]() |
Text
sampul SKRIPSI.docx Download (50kB) |
![]() |
Text
isi SKRIPSI.docx Download (58kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (27kB) |
![]() |
Text
RKH 1 baru.docx Download (36kB) |
![]() |
Text
RKH 2 baru.docx Download (36kB) |
![]() |
Text
Siklus I.docx Download (69kB) |
![]() |
Text
Siklus II.docx Download (68kB) |
![]() |
Text
FOTO_FOTO.docx Download (3MB) |
![]() |
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (49kB) |
Abstract
Karlina Kamine 2012 Peningkatan Kreativitas Melalui Bermain Dengan Media Alam di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kreativitas melalui bermain dengan media alam anak di TK Kristen Pelita Kasih Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas anak melalui bermain dengan media alam di TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah peningkatan kreativitas anak dan penerapan metode bermain dengan media alam. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok B TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan belajar anak tentang kreativitas anak melalui kegiatan menggambar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru kategori cukup dan kemampuan belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode bermain dengan media alam dapat meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 05:28 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |