MANAJEMEN SARANA DAN PRASARAN DALAM PENYELENGGRAANPROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJARKABUPATEN JENEPONTO

AMILIA FIRDAYANTI (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARAN DALAM PENYELENGGRAANPROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJARKABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Amilia Firdayanti Jurnal.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Manajemen Sarana dan Prasarana di Dalam Penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Jeneponto. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen sarana dan prasarana di dalam penyelenggaraan program Kesetaraan Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu ibu SR selaku pengelola SKB, tutor dan warga belajar (data primer) dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana yang dilakukan oleh pihak SKB menunjukkan bahwa sarana dan prasarana tersebut sangat membantu proses berjalannya suatu program atau pembelajaran terkhusus pada pendidikan kesetaraan paket C, dengan adanya sarana dan prasarana dapat membantu berjalannya proses pembelajaran yang baik, dan tutor maupun warga belajar dapat memanfaatkan fasilitas sarana dan prasarana yang sudah disediakan oleh pihak SKB. Di dalam pelaksanaan sarana dan prasarana harus disesuaikan dengan biaya operasional dan proses penyusunan perencanaan dilakukan oleh pamong belajar dan pengelola, ketersediaan sarana dan prasarana sudah cukup memadai serta menunjang proses pembelajaran. Kata Kunci: Manajemen

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:18
Last Modified: 13 Apr 2022 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22996

Actions (login required)

View Item View Item