HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN SEKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANDI MUHAMMAD IQRAM (2022) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN SEKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
DEPAN SKRIPSI.docx

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN Revisi.docx

Download (2MB)
[img] Text
surat.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK ANDI MUHAMMAD IQRAM. 2018. Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Sekecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Pembimbing penelitian ini adalah H. Alimin Umar dan Rudi Amir. Pada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adakah hubungan pola asuh orangtua terhadap perkembangan Kognitif anak usia dini di kelompok bermain Sekecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah korelasi, Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup pola asuh orangtua dan variabel terikat yaitu perkembangan kognitif anak. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua orangtua anak didik sebanyak 360 orang. disesuaikan dengan jumlah yang terdaftar di Kelompok Bermain Sekecamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Randome sampling dengan cara setiap kelompok bermain sekecamatan Rapoccini Kota Makassar diambil sampling 3 – 4 orang anak yang dipilih oleh tutornya hingga mencapai 54 orang. Teknik pengumpulan data yang diguanakan yaitu kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji instrument, uji normalitas, uji homogenitas, uji deskriptif dan uji hipotesis. Hasil uji instrumen menyatakan semua perntanyaan valid dan reliabel. Uji normalitas dengan Kolmogorov-smirnov test kelompok sampel tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas sampel memiliki varians yang homogen. Uji deskriptif didapatkan bahwa orangtua cenderung menggunakan pola asuh demokratik. Perkembangan Kognitif anak usia dini di kelompok bermain sekecamatan Rappocini Kota Makassar dikategorikan baik. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai rhitung sebesar 0,6688 sedangkan dalam penelitian ini rtabel hanya sebesar 0.2681 karena rhitung > rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada korelasi antara pola asuh orangtua dan perkembangan kognitif anak usia dini di kelompok bermain sekecamatan Rappocini Kota Makassar. korelasi antara pola asuh orangtua demokratik dan perkembangan kognitif anak usia dini di kelompok bermain sekecamatan Rappocini Kota Makassar sebesar 44,73% dan selebihnya berhubungan dengan faktor lain..

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:30
Last Modified: 12 Apr 2022 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22925

Actions (login required)

View Item View Item