MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL PADAELO MELALUI PENGGUNAAN METODE ABJAD DI DESA JENETAESA KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS

NURAENI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL PADAELO MELALUI PENGGUNAAN METODE ABJAD DI DESA JENETAESA KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (102kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (16MB)

Abstract

Nuraeni, 2016, Meningkatkan Kemampuan Membaca Warga Belajar Melalui Penggunaan Metode Abjad Di Kelompok Keaksaraan Fungsional PadaeloDesa Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Skripsi dibimbing Oleh Dra. Istiyani Idrus. M.Si., dan Prof. Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca warga belaja rKeaksaraan Fungsional Padaelo melalui penggunaan metode abjad di Desa Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membaca warga belajar melalui penggunaan metode abjad di kelompokKeaksaraan Fungsional Padaelo Desa Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan melalui 2 siklus dengan tahapan tiap siklus meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas tutor dan warga belajar sebanyak 13 orang. Fokus penelitian diarahkan kepada kemampuan membaca warga belajar dan penggunaan metode abjad yang diterapkan tutor. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan dokumen.Fokus penelitian diarahkan kepada kemampuan membaca warga belajar dan penggunaan metode abjad yang diterapkan tutor. Teknik analisi data yang digunakan ialah analisis kualitatif. Hasil penelitian siklus I menerangkan bahwa kemampuan membaca warga belajar dikelompok Keaksaraan fungsional Padaelo dalam kategori cukup dan pengunaan metode abjad yang diterapkan tutor dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II menerangkan bahwa kemampuan membaca warga belajar dikelompok Keaksaraan Fungsional Padaelo dalam kategori baik dan penggunaan metode abjad yang diterapkan tutor dalam kategori baik Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode abjad yang diterapkan dalam pembelajaran, dapat meningkatkan kemampuan membaca warga belajar dikelompok Keaksaraan Fungsional Padaelo Desa Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Apr 2022 02:21
Last Modified: 08 Apr 2022 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22860

Actions (login required)

View Item View Item