PENINGKATAN PENGHASILAN WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL MELALUI PELATIHAN MEMBUAT TELUR ASIN DI KELOMPOK BELAJAR SEHATI DESA SAMANGGI KABUPATEN MAROS

HERLINA (2022) PENINGKATAN PENGHASILAN WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL MELALUI PELATIHAN MEMBUAT TELUR ASIN DI KELOMPOK BELAJAR SEHATI DESA SAMANGGI KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (44kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (435kB)

Abstract

HERLINA. 2016. Peningkatan Penghasilan Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Melalui Pelatihan Membuat Telur Asin di Kelompok Belajar Sehati Desa Samanggi Kabupaten Maros. Usulan penelitian ini dibimbing oleh Drs.M.Ali Latif Amri, M.Pd dan Drs.H.Alimin Umar, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah mengenai Peningkatan Penghasilan Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Melalui Pelatihan Membuat Telur Asin Di Kelompok Belajar Sehati Desa Samanggi Kabupaten Maros. Permasalahan yang dikaji yaitu apakah melalui pelatihan membuat telur asin dapat meningkatkan penghasilan warga belajar keaksaraan fungsional di Kelompok Belajar Sehati Desa Samanggi Kabupaten Maros?. Tujuan untuk mengetahui peningkatan penghasilan warga belajar keaksaraan fungsional di Kelompok Belajar Sehati Desa Samanggi Kabupaten Maros melalui pelatihan membuat telur asin. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus ke II. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang penyelenggara, 1 orang tutor , dan 10 orang warga belajar yang memiliki keterlibatan secara langsung dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh kelompok belajar sehati Desa Samanggi Kabupaten Maros. Pengumpulan data dikumpul melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pelatihan membuat telur asin ternyata dapat meningkatkan penghasilan warga belajar keaksaraan fungsional di Kelompok Belajar Sehati Desa Samanggi Kabupaten Maros terbukti dengan adanya pelatihan tersebut penghasilan warga belajar yang dulu hanya diperoleh dari hasil tani yang tidak menentu sekarang meningkat dengan adanya usaha pembuatan telur asin yang kemudian menjadi usaha rumah tangga bagi warga belajar keaksaraan fungsional di Desa Samanggi Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:27
Last Modified: 07 Apr 2022 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22835

Actions (login required)

View Item View Item