Lestari, Ria Ayu (2022) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MURID DI SDN 204 WALENRENG KECAMATAN CINA KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
![]() |
Text
ARTIKEL RIA AYU LESTARI.pdf Download (337kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat belajar murid di SDN 204 Walenreng Kecamatan Cina Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran kontekstual di SDN 204 Walenreng Kecamatan Cina Kabupaten Bone? (ii) Bagaimana gambaran minat belajar murid di SDN 204 Walenreng Kecamatan Cina Kabupaten Bone? dan (iii) Apakah pelaksanaan pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap minat belajar murid di SDN 204 Walenreng Kecamatan Cina Kabupaten Bone? Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif. Karena ada perlakuan (treatment), sehingga penelitian ini digolongakan ke dalam penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid SDN 204 Walenreng Kecamatan Cina Kabupaten Bone, sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas IVA (kontrol) dan kelas IVB (eksprimen) SDN 204 Walenreng Kecamatan Cina Kabupaten Bone yang yang masing-masing berjumlah 31 murid. Data dianalisis dengan statistik Uji t dengan pensyaratan 1) Uji Normalitas, 2) Uji Homogenitas, 3) Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Gambaran pelaksanaan pembelajaran kontekstual di SDN 204 Walenreng Kecamatan Cina Kabupaten Bone, yaitu a) Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa, b) Menyajikan informasi masalah tersebut dan mendiskusikannya dengan temannya c) Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar, d) Membimbing kelompok bekerja dan belajar, e) Evaluasi adalah penilaian outentik, dan f) Refleksi diakhir (ii) Gambaran minat belajar murid di SDN 204 Walenreng Kecamatan Cina Kabupaten Bone yaitu hasil minat belajar murid pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai tinggi, sedangkan kelompok kontrol dengan menggunakan metode konvensional memiliki nilai cukup. Dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test untuk tema 9 pada kedua kelompok di atas, maka dapat diketahui bahwa peningkatan rata-rata untuk minat belajar pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi pada kelompok kontrol, (iii) ada pengaruh yang signifikan hasil posttest kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran kontekstual dengan kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 02:41 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 02:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |