KEDISIPLINAN BELAJAR MURID DI ERA PANDEMIC COVID-19 SD INPRES 5/81 KAMPUNO KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

ARDIAN SYAH, ARDIAN SYAH (2022) KEDISIPLINAN BELAJAR MURID DI ERA PANDEMIC COVID-19 SD INPRES 5/81 KAMPUNO KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Ardian Syah.pdf

Download (498kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kedisiplinan belajar murid di Era Pandemik Covid-19 SD Inpres 5/81 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran kedisiplinan belajar murid di Era Pandemik Covid-19 pada SD Inpres 5/81 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone? (ii) Apa faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan belajar murid di Era Pandemik Covid-19? dan (iii) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh orang tua dan guru untuk meningkatkan kedisiplinan belajar murid di Era Pandemik Covid-19? Dalam penelitian ini data yang diperoleh bersifat kualitatif sehingga analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan taraf deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Gambaran kedisiplinan belajar murid di Era Pandemik Covid-19 yaitu tingkat kedisiplinan murid belum maksimal dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan karena murid kesulitan dalam membagi waktu belajarnya terutama saat belajar di rumah. Murid juga seringkali terlambat dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugasnya serta mengabaikan waktu luangnya dan menggunakannya hanya untuk bermain, (ii) Faktor pendukung kedisiplinan belajar murid di Era Pandemik Covid-19 yaitu pemberian stimulusberupa riword ataau punishment dari orang tua,perhatian orang tua, mengawasi kegiatan belajar anak di rumah dan mengawasi kesulitan belajar anak. Selanjutnya faktor penghambat yaitu kondisi anak, kesibukan orang tua, keadaan sekitar anak berada. (iii) Upaya yang ditempuh guru dan orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan murid dalam pembelajaran di rumah atau daring (dalam jaringan) pada masa Pandemi Covid-19 adalah Selalu mengingatkan anak semua jam-jam belajarnya sampai jam berapa kemudian bermain juga sampai jam berapa dan semuanya ada batasan, mengarahkan dan memberikan motivasi agar anak bisa memahami dan mengerti mengenai pembelajaran online serta mengingatkan anak agar tetap disiplin dalam mengerjakan dan mengirimkan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, bersikap baik dan berbicara dengan nada rendah kepada anak agar anak selalu mengingat waktu-waktu belajar di rumah dan d) memberikan tugas-tugas secara teratur agar anak dapat mengetahui waktu-waktu belajar mereka. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Pandemik Covid-19

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:09
Last Modified: 15 Feb 2022 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22095

Actions (login required)

View Item View Item