Sartika Rahmi (2022) PEMBELAJARAN PENGUCAPAN HURUF VOKAL MELALUI CERMIN ARTIKULASI ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.
![]() |
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (42kB) |
![]() |
Text
SAMPUL DALAM.doc x.docx Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB II.docx Download (52kB) |
![]() |
Text
BAB III.docx Download (38kB) |
![]() |
Text
BAB IV.docx Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA new.docx Download (19kB) |
![]() |
Text
Lampiran 8.docx Download (63kB) |
![]() |
Text
instrumen dan validasi new 2.docx Download (97kB) |
![]() |
Text
Proses pembelajaran pengucapan huruf vokal melalui cermin artikulasi.docx Download (172kB) |
![]() |
Text
Kurikulum Bahasa Indonesia kelas II.docx Download (18kB) |
![]() |
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (58kB) |
Abstract
Sartika Rahmi. 2013. Pembelajaran pengucapan huruf vokal melalui cermin artikulasi anak tunarungu kelas dasar II Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd. dan Dra.Tatiana Meidina, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penulisan skripsi ini bagaimanakah pembelajaran pengucapan huruf vokal melalui cermin artikulasi anak tunarungu kelas dasar II di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Tujuan utama dalam penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran huruf vokal melalui cermin artikulasi anak tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah anak Tunarungu dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang masih aktif pada tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 4 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pembelajaran pengucapan huruf vokal anak Tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penggunaan cermin artikulasi termasuk dalam kategori tidak mampu. Sedangkan setelah penggunaan cermin artikulasi pada pembelajaran pengucapan huruf vokal anak Tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan termasuk pada kategori mampu Hal ini berarti bahwa keempat subjek telah berada pada kategori mampu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan cermin artikulasi bila dimanfaatkan dengan benar dapat meningkatkan kemampuan pengucapan huruf vokal kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:40 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |