Nurbaitullah, Wahid Hasan (2021) Upaya Meningkatkan Kemampuan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Gaya Mengajar Divergent Pada Siswa Smp Negeri 1Tompobulu Kabupaten Gowa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
JURNAL.pdf Download (386kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dribbling di SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa dan mengetahui apakah gaya mengajar divergent dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar dribbling siswa SMP Negeri 1 TompobuluKabupaten Gowa pada permainan sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 dengan jumlah siswa 26 orang (Total Sampling). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan Pre Test, Tes Siklus I, Tes Siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan : Penerapan Model Pembelajaran Gaya Divergent mampu meningkatkan hasil belajar siswa-siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa. Peningkatan hasil belajar siswa tesebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang dicapai melalui pemberian tes seperti Pre Test, Siklus I, dan Siklus II. Dalam proses pembelajaran pada Pre Test dengan jumlah siswa keseluruhan 26, yang tuntas sebanyak 3 orang atau 11,5 %. Dalam proses pembelajaran pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang atau 47,8%. Dalam proses pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 atau 91,6%. Dengan Metode Gaya Divergent dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran teknik dribbling pada siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa, Tahun Ajaran 2020/2021. Kata kunci : Divergent, Dribbling, Sepakbola.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 07:13 |
Last Modified: | 14 Jul 2021 07:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20744 |
Actions (login required)
View Item |