Aliah, Nur (2021) Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Masalah Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (474kB) |
Abstract
Abstrak – Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertuajuan untuk 1) mendeskripsikan hasil pengembangan LKPD Fisika berbasis Masalah pada kelas XI SMA yang valid, 2) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD Fisika berbasis Masalah, 3) mendeskripsikan respon guru terhadap LKPD Fisika berbasis Masalah dan mendeskripsikan efektivitas LKPD Fisika berbasis Masalah dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Luwu Timur pada kelas XI IPA 1 dengan jumlah responden sebesar 26 peserta didik. LKPD Fisika berbasis Masalah terdiri dari 4 kegiatan pada materi Fluida Statis. Model Pengembangan yang digunakan yaitu 4D (Four D) yang terdiri atas tahap pendefenisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Model 4D adalah prosedur pengembangan yang dilakukan untuk menghasilkan produk LKPD Fisika berbasis Masalah. Produk yang dimaksud adalah sumber belajar dalam proses pembelajaran untuk membantu guru mengarahkan dan menuntun peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan karakteristik yaitu masalah yang disajikan pada LKPD adalah fenomena kehidupan sehari-hari, sehingga menuntun peserta didik untuk menemukan sendiri konsep yang sedang dipelajari dari masalahyang disajikan melalui kegiatan eksperimen. Validasi ahli menunjukkan bahwa lembar kegiatan peserta didik (LKPD) Fisika berbasis Masalah yang dikembangkan dalam kategori valid, sehingga layak diterapkan dalam pembelajaran Fisika. Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Fisika yang dikembangkan dalam kategori sangat baik berdasarkan hasil kuesioner respon guru dan peserta didik. Analisis hasil tes keterampilan berpikir kritis peserta didik menunjukkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Fisika berbasis Masalah efektif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, ditunjukkan dengan perolehan presentase ketuntasan 88,46% maka hasil tes keterampilan berpikir kritis peserta didik secara klasikal berada pada kriteria tuntas. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah, LKPD
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:19 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |