PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASISSTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XII IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI PINRANG

REZKI, SRI NILA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASISSTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XII IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI PINRANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Sri Nila Rezki_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams asissted individualization terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi akuntansi kelas XII IPS Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe teams asissted individualization sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas XII IPS Madrasah Aliyah Negeri Pinrang yang terdiri dari 83 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre-Exprimental Design. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling sebanyak 41 siswa dua diantaraya tidak dimasukkan sebagai subjek karena sampel tersebut tidak hadir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji hipotesis yang terdiri dari analisis regresi liniear sederhana, koefisien korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, uji-t dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh persamaan regresi liniear sederhana Y’=1,829+0,970X yang berarti bahwa tiap penambahan 1 nilai model pembelajaran kooperatif tipe teams asissted individualization, maka nilai motivasi berlajar mengalami peningkatan 0,970 satuan. Hasil dari analisis koefisien korelasi pearson product moment diperoleh nilai r=0,901 yang berarti model pembelajaran teams asissted individualization memiliki tingkat korelasi yang sangat kuat terhadap motivasi belajar. Hasil analisis koefisien determinasi sebesar r2 =0,813 yang berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams asissted individualization memiliki pengaruh sebesar 81,3 persen terhadap motivasi belajar sedangkan sisanya 18,7 persen yang dipengaruhi oleh faktor lainnya. hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000>0,05 yang berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams asissted individualization berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan demikian hipotesis yang diajukan “diterima” . Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI ( Teams Asissted Individualization), Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Apr 2021 06:57
Last Modified: 16 Apr 2021 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19943

Actions (login required)

View Item View Item