Asim, Asim (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SMP KELAS VIII. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.
![]() |
Text
Artikel.pdf Download (467kB) |
Abstract
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SMP KELAS VIII Asim, Khaeruddin, Helmi Prodi Studi Pendidikan Fisika, PPs, Universitas Negeri Makassar E-mail: achim.fisika@gmail.com Abstrak Asim. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika pada SMP Kelas VIII”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar 2020. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian R&D (Research and Development) yang bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan gambaran validitas media pembelajaran animasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA Fisika SMP Kelas VIII.; (2) Untuk mendeskripsikan respon guru (praktisi) terhadap media pembelajaran animasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA Fisika SMP Kelas VIII.; dan (3) Untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran animasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA Fisika SMP Kelas VIII. Jenis Penelitian ini penelitian penelitian R&D (Research and Development) sedangkan rancangan pengembangan menggunakan model Borg and Gell. subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Katumbangan Lemo. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar kemudian selanjutnya data di analisis dengan menggunakan analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media pembelajaran berbasis animasi yang dikembangkan setelah dilakukan validasi ahli dan uji coba terbatas, maka Media Pembelajaran dinyatakan valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA fisika khususnya pada materi Gerak Benda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran berbasis animasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri Katumbangan Lemo tahun pelajaran 2020-2021. Namun demikian disarankan agar dilaksanakan penelitian dan metode pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran berbasis Animasi, Hasil Belajar,
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 07:28 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 07:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |