PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X TKI SMKN 2 MAJENE

ULFIANTI, ULFIANTI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X TKI SMKN 2 MAJENE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel ulfi.pdf

Download (354kB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X TKI SMKN 2 MAJENE ULFIANTI Jurusan Pendidikan Fisika (email: uppi.ulfy@gmail.com) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan melakukan praktikum terhadap keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Majene tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan menggunakan factorial design. Populasi terdiri atas kelas X TKI SMKN 2 Majene tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKI 1 berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen (menggunakan model Inkuiri Terbimbing) dan siswa kelas X TKI 2 berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data kemampuan melakukan praktikum peserta didik dikumpulkan dengan lembar pengamatan, sedangkan data keterampilan proses sains dikumpulkan dengan tes. Hasil data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji statistik two way anov. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran inkuiri bebas. (2) Ditinjau dari kemampuan melakukan praktikum tinggi, terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran inkuiri bebas. (3) Ditinjau dari kemampuan melakukan praktikum rendah, terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran inkuiri bebas. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan melakukan praktikum terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas X TKI SMKN 2 Majene. Kata kunci : inkuiri terbimbing, kemampuan melakukan praktikum, keterampilan proses sains

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:26
Last Modified: 18 Mar 2021 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19554

Actions (login required)

View Item View Item