Arnita, M.Basri and Rohana, Rohana and Paggara, Hamzah (2018) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8 (3). pp. 160-171. ISSN e-ISSN 2548-6721
![]() |
Text (Jurnal Nasional)
PenerapanModelPembelajaranDiscoveryLearningUntukMeningkatkanHasilBelajar IPA (2).pdf - Published Version Download (298kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang/ siklus yang meliputi perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, hasil belajar siswa pada siklus I belum berada pada kategori cukup, pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dan Penerapan model Pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN > PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN > PGSD KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Rohana rohana |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 11:14 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 11:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |