ANALISIS PERBANDINGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, ZMIJEWSKI, SPRINGATE DAN GROVER DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI INDONESIA)

Saffarani, Thirza Tzalsabila (2020) ANALISIS PERBANDINGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, ZMIJEWSKI, SPRINGATE DAN GROVER DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI INDONESIA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL THIRZA TZALSABILA SAFFARANI.pdf

Download (279kB)

Abstract

Analisis perbandingan model Altman Z-score, Zmijewski, Springate dan Grover dalam memprediksi kebangkrutan (Studi Empiris perusahaan telekomunikasi di Indonesia). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil prediksi Financial distress dari 4 model yakni model Altman Z-score, Zmijewski, Springate dan Grover. Studi kasus pada perusahaan Telekomunikasi di Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni sebanyak lima perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga didapatkan 2 perusahaan yang dijadikan sampel. Jenis penelitian ini adalah studi empiris. Data yangdigunakan adalah data sekunder yang diperoleh mengunakan teknik dokumentasi serta teknik analisa data yang digunakan adalah teknik pursposive sampling. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil prediksi kebangkrutan antara metode Altman Zscore, Zmiijewski, Springate,dan Grover dalam memprediksi financial distress. Model Altman Z-score dan Spriangate adalah model yang memiliki tingkat akurasi tertinggi yakni sebesar 100%. Model Zmijewski memiliki tingkat akurasi 70% dan model Grover memiliki tingkat akurasi 90%. Sehingga model Altman Z-score dan model Springatelah yang cocok digunakan dalam memprediksi financial distress pada perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Kata Kunci : Financial Distress, Altman Z-score, Zmijewski, Springate, Grover

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:07
Last Modified: 10 Aug 2020 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17950

Actions (login required)

View Item View Item