Pengaruh Iklim Kelas, Inteligensi Intrapersonal dan Motivasi Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Kelas X SMA Negeri Sekabupaten Sidrap

RUSTIANI, RUSTIANI (2014) Pengaruh Iklim Kelas, Inteligensi Intrapersonal dan Motivasi Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Kelas X SMA Negeri Sekabupaten Sidrap. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RUSTIANI.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK RUSTIANI. S, 2014. Pengaruh Iklim Kelas, Inteligensi Intrapersonal dan Motivasi Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Kelas X SMA Negeri Sekabupaten Sidrap. (dibimbing oleh Djadir dan Awi Dassa) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh iklim kelas, inteligensi intrapersonal terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Sekabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Sekabupaten Sidrap tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 1025 dengan jumlah sampel 251. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala iklim kelas, (2) Skala inteligensi intrapersonal, (3) Skala motivasi belajar, dan (4) Tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriftif dan analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa Kelas X SMA Negeri Sekabupaten Sidrap memiliki iklim kelas berada dalam kategori tinggi, inteligensi intrapersonal, dan motivasi belajar berada dalam kategori sedang, serta hasil belajar matematika berada dalam kategori rendah; (2) Iklim kelas secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar; (3) Inteligensi intrapersonal secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar. ABSTRACT RUSTIANI S. 2014. The Influence of Classroom Climate, Intrapersonal Intelligence, and Learning Motivation of Students Toward Mathematics Learning Result in Class X at SMAN in Sidrap District (supervised by Djadir and Awi Dassa). The study aimed at analyzing the influence if classroom climate and intrapersonal intelligence on learning result of Mathematics both directly and indirectly through motivation of class X students at SMAN in Sidrap. The study was an ex-post facto with causality in nature. The population of the study was 1025 students of class X at SMAN in Sidrap of academic year 2013/2014, and the sample was 251 students. Sample was selected by employing proportional stratified random sampling technique. The instruments used were (1) classroom climate scale, (2) intrapersonal intelligence scale, (3) learning motivation scale, and (4) test result of Mathematics. Data were analyzed by employing descriptive statistics and path analysis. The results of the study revealed that (1) most students of class X at SMAN in Sidrap had classroom climate in high category; intrapersonal intelligence and learning motivation ware in extremely high category; and the learning result was in low category, (2) the classroom climate directly and indirectly contributed positive influence on learning result through learning motivation, and (3) the intrapersonal intelligence directly and indirectly contributed positively on learning result through learning motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:44
Last Modified: 07 Dec 2016 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item