PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI

MAULIDYANA, MAULIDYANA (2019) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MAULIDYANA. 2019. Pengembangan Model Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Pada Anak Usia Dini (Dibimbing Oleh Prof. H. M. Asfah Rahman, M.Ed., Ph.D dan Dr. Parwoto, M.Pd). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan gambaran analisa kebutuhan pengembangan model permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial anak usia dini. (2) untuk mengetahui bentuk desain (prototipe) pengembangan model permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial anak usia dini. (3) untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan efektifitas pengembangan model permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial anak usia dini. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Analisa Kebutuhan, (2) Perencanaan dan Pengembangan Produk, (3) Perencanaan Draf, (4) Validasi Ahli, (5) Revisi, (6) Uji Lapangan, (7) Uji Coba Produk, (8) Uji Kelompok, dan (9) Uji Coba Kelompok. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap empat anak didik di TK Al-Hidayah Annas. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 13 orang anak didik di kelas B TK Al-Hidayah Annas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) validasi perangkat, (2) observasi, (3) wawancara dan (4) dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan model permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan social anak usia dini, yang berisikan tiga model permainan, yaitu: (1) model permainan ma’dende, (2) model permaianan ular tangga, (3) model permaianan tic tak teo (silang bulat). Produk hasil penelitian pengembangan berupa buku pedoman pembelajaran model permainan tradisional. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan guru, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan model permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial pada anak usia dini ini layak dan sangat baik dan efektif. Kata Kunci: pengembangan, permainan tradisional, kemampuan sosial, anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:10
Last Modified: 02 Dec 2019 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15917

Actions (login required)

View Item View Item