NAWIR, DIAN FEBRIANA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI SMAN 8 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
|
Text
Artikel Tesis.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK DIAN FEBRIANA NAWIR, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI SMAN 8 Makassar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar berdasarkan gaya belajar peserta didik pada materi sistem sirkulasi kelas XI SMAN 8 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest posttest control group faktorial 2x3. Populasi adalah seluruh kelas XI dan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, tes pilihan ganda untuk hasil belajar dan tes essay untuk keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) Keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berdasarkan gaya belajar visual, auditori, kinestetik dan visual kinestetik semuanya berada pada kategori berkembang, (2) Hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berdasarkan gaya belajar visual berada pada kateori sangat baik, pada gaya belajar auditori sangat baik, kinestetik dan visual kinestetik berada pada kategori baik, (3) tidak ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis berdasarkan gaya belajar peserta didik, (4) tidak ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar berdasarkan gaya belajar peserta didik. Kata kunci; gaya belajar, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar biologi, model pembelajaran inkuiri terbimbing, pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 02:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 02:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |