PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP) DI SMK NEGERI 1 PINRANG

Rina, Arianti (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP) DI SMK NEGERI 1 PINRANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RINA A..docx

Download (61kB)

Abstract

Rina Arianti. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Mata Pelajaran Administrasi Kelas X Administrasi Perkantoran (AP) di SMK Negeri 1 Pinrang. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh H. Haedar Akib, dan Sirajuddin Saleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Mata Pelajaran Administrasi Kelas X Administrasi Perkantoran (AP) di SMK Negeri 1 Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, populasi penelitian sebanyak 228 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Mata Pelajaran Administrasi Kelas X Administrasi Perkantoran (AP) di SMK Negeri 1 Pinrang berdasarkan indikator bekerjasama dalam kelompok dengan sub indikator melatih kerjasama, dan aktif dalam kelompok, sebesar 85,85 persen termasuk dalam kategori sangat baik, indikator bertanggungjawab dalam kelompok dengan sub indikator melaksanakan tugas kelompok dengan baik, dan tidak mendahulukan kepentingan pribadi sebesar 84,41 persen termasuk dalam kataegori sangat baik, indikator saling membantu memecahkan masalah dengan sub indikator menemukan ide-ide baru dan berlatih mengemukakan pendapat sebesar 78,95 persen, indikator saling membantu untuk berprestasi dengan sub indikator percaya diri, kemampuan memahami materi, dan memotivasi sebesar 76,31 persen. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Mata Pelajaran Administrasi Kelas X Administrasi Perkantoran (AP) di SMK Negeri 1 Pinrang sebesar 80,50 persen tergolong dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Lemlit Lemlit
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:21
Last Modified: 02 Jul 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item View Item